Pelatihan Penanganan Anak Usia Dini yang Mengalami Dislexia bagi Guru-Guru TK Gugus VIII Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Authors

  • Tomas Iriyanto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Eny Nur Aisyah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Leni Gonadi Universitas Negeri Malang
  • Evania Yafie Universitas Negeri Malang
  • Alfiana Fajarwatiningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p84-91

Keywords:

dislexia, penanganan, hambatan perkembangan, anak usia dinianak usia dini

Abstract

Berdasarkan hasil kunjungan lapangan dan wawancara dengan sebagian guru-guru TK di gugus VIII Kecamatan Lowokwaru Kota Malang diperoleh keadaan dan temuan sebagai berikut. Sebagian besar guru-guru TK belum pernah mendapatkan informasi dan pelatihan tentang penanganan anak usia dini yang mengalami hambatan perkembangan bahasa (dislexia). Tujuan pelatihan ini adalah: (1) guru dapat mengenal lebih awal tentang kondisi anak-anak didiknya yang diduga mengalami hambatan perkembangan (2) guru-guru akan memperoleh wawasan keilmuan teoritis dan praktis tentang penanganan anak usia dini yang diduga mengalami hambatan perkembangan berbicara (3) guru dapat melakukan deteksi dini terhadap kondisi anak didiknya yang mengalami hambatan perkembangan bahasa. Pelatihan ini berlangsung di TK Lab Universitas Negeri Malang pada bulan April 2018. Peserta diikuti oleh 20 guru yang berasal dari beberapa lembaga paud Gugus 8 Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode diskusi, brainstorming, drill, dan penugasan. Hasil pengabdian yaitu meningkatnya wawasan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam menangani anak-anak usia dini yang mengalami gangguan dislexia. Dapat disimpulkan bahwa pengabdian kepada masyarakat  berupa pelatihan tata cara penanganan anak Aud yang mengalami gangguan dislexia bagi guru-guru TK gugus 8 Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini   telah berhasil dengan baik dan sukses. Disarankan, bagi guru-guru TK Gugus 8 Kecamatan Lowokwaru  Kota Malang yang telah mengikuti pelatihan  dapat menerapkannya dalam pembelajaran, menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki kepada guru-guru lain di sekitar tempat tugasnya.

References

Dardjowidjojo. (2008). Disleksia berpengaruh pada kemampuan membaca dan menulis. (Online) (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=200050&val=66 03&title=DISLEKSIA%20BERPENGARUH%20PADA%20%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20DAN%20MENULIS) diakses 14 Februari 2018.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2012). Psikolinguistik - Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Lidwina Soeisniwati. (2016). Disleksia berpengaruh pada kemampuan membaca dan menulis. (Online),(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=200050&val=6603&title=DISLEKSIA%20BERPENGARUH%20PADA%20%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20DAN%20MENULIS) diakses 14 Februari 2018.

Loeziana. (2007). Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, 3 (2), 42-58. Dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/.../1235.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Munawaroh, Madinatul & Anggrayni Novi T. (2009). Mengenali Tanda-Tanda Disleksia Pada Anak Usia Dini. Artikel disajikan dalam Proseding Seminar Nasional PGSD UPV, (Online), (repository.upy.ac.id/409/1/artikel%20madinatul.pdf) diakses 10 Februari 2018.

Putranto, Bambang. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khusus.Yogyakarta: DIVA Press.

Shaywitz, S. (2003). Disleksia berpengarus pada kemampuan membaca dan menulis. (Online), (3),(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=200050&val=6603&title=DISLEKSIA%20BERPENGARUH%20PADA%20%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20DAN%20MENULIS) diakses 14 Februari 2018.

Tammasse & Jumraini T. (2016). Mengatasi Kesulitan Belajar Disleksia (Studi Neuropsikolinguistik).(Online),(http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/24989/TAMMASSE,%20UNHAS.pdf?sequence=1) diakses 13 Februari 2018.

Downloads

Published

30-04-2019

How to Cite

Iriyanto, T., Aisyah, E. N., Gonadi, L., Yafie, E., & Fajarwatiningtyas, A. (2019). Pelatihan Penanganan Anak Usia Dini yang Mengalami Dislexia bagi Guru-Guru TK Gugus VIII Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 84–91. https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p84-91

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)