Kemampuan Guru BK SMP di Kota Malang dalam Mengajarkan Perilaku Adaptif Siswa dengan Menggunakan Teknik Sinema Edukasi

Authors

  • Nugraheni Warih Utami Universitas Negeri Malang
  • Henny Indreswari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p103-108

Keywords:

Perilaku adaptif, teknik sinema edukasi, guru BK

Abstract

Remaja mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tingkah laku yang dimunculkan remaja, cenderung maladaptive, karena lingkungan belum mengajarkan perilaku adaptif secara tepat. Tujuan kegiatan pengabdian berupaya meningkatkan kemampuan guru BK SMP di Kota Malang dalam mengajarkan perilaku adaptif siswa dengan menggunakan teknik sinema edukasi. Pengabdian dilaksanakan dengan memberikan pelatihan mengajarkarkan perilaku adaptif dengan menggunakan teknik sinema edukasi. Pengabdian dilaksanakan pada 38 guru BK perwakilan dari SMP Negeri dan Swasta di Kota Malang. Hasil kegiatan pengabdian berupa pemaparan materi pelatihan mengajarkan perilaku adaptif bagi siswa dan pendampingan pelatihan penggunaan sinema edukasi untuk mengajarkan perilaku adaptif bagi siswa.

References

Alberto, Paul A. & Troutman, A.C. (1995). Applied behavior analysis for teachers. Columbus: Charles E. Merril.

Depdikbud. (2007). Rambu-rambu penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud.

Kemmis dan Taggart. (2007). Parcipatory Action Research.(Online) http:citeseerx.ist.psu. eduview.com. diakses 26 Februari 2017.

Santrock,J,W. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

30-04-2019

How to Cite

Utami, N. W., & Indreswari, H. (2019). Kemampuan Guru BK SMP di Kota Malang dalam Mengajarkan Perilaku Adaptif Siswa dengan Menggunakan Teknik Sinema Edukasi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 103–108. https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p103-108

Issue

Section

Articles