Kemampuan Guru BK SMP di Kota Malang dalam Mengajarkan Perilaku Adaptif Siswa dengan Menggunakan Teknik Sinema Edukasi
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p103-108Keywords:
Perilaku adaptif, teknik sinema edukasi, guru BKAbstract
Remaja mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tingkah laku yang dimunculkan remaja, cenderung maladaptive, karena lingkungan belum mengajarkan perilaku adaptif secara tepat. Tujuan kegiatan pengabdian berupaya meningkatkan kemampuan guru BK SMP di Kota Malang dalam mengajarkan perilaku adaptif siswa dengan menggunakan teknik sinema edukasi. Pengabdian dilaksanakan dengan memberikan pelatihan mengajarkarkan perilaku adaptif dengan menggunakan teknik sinema edukasi. Pengabdian dilaksanakan pada 38 guru BK perwakilan dari SMP Negeri dan Swasta di Kota Malang. Hasil kegiatan pengabdian berupa pemaparan materi pelatihan mengajarkan perilaku adaptif bagi siswa dan pendampingan pelatihan penggunaan sinema edukasi untuk mengajarkan perilaku adaptif bagi siswa.
References
Alberto, Paul A. & Troutman, A.C. (1995). Applied behavior analysis for teachers. Columbus: Charles E. Merril.
Depdikbud. (2007). Rambu-rambu penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kemmis dan Taggart. (2007). Parcipatory Action Research.(Online) http:citeseerx.ist.psu. eduview.com. diakses 26 Februari 2017.
Santrock,J,W. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nugraheni Warih Utami, Henny Indreswari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.