PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p16-21Keywords:
pendampingan, perangkat pembelajaran, Kurikulum 2013Abstract
Ditinjau dari segi perubahan kurikulum, pendidikan di Indonesia hingga saat ini telah mengalami beberapa kali perombakan pada kurikulum. Sejarah mencatat bahwa setiap pergantian kurikulum, banyak sekali masalah yang timbul dalam dunia pendidikan. Salah aspek dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah pengembangan perangkat pembelajaran yang mengacu pada kebijakan Kurikulum 2013. Tujuan pendampingan ini adalah guru mampu menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Khalayak sasaran kegiatan pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 ini adalah para guru MIS Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu ruang kelas MI Al Fattah, dengan jurnlah khalayak sasaran adalah 20 orang guru. Metode yang digunakan adalah ceramah bervariasi dan latihan. Ceramah bervariasi untuk menyampaikan konsep-konsep yang penting untuk dimengerti dan dikuasai oleh peserta pelatihan. Latihan digunakan untuk memberikan tugas kepada peserta pendampingan untuk mempraktikkan pembuatan perangkat pembelajaran (fokus pada rencana pembelajaran) berbasis Kurikulum 2013. Hasil kegiatan ini mencakup beberapa komponen yaitu: (1) keberhasilan target jumlah peserta pendarnpingan yang hadir yakni 20 orang guru dari empat MIS Kecamatan Lowokwaru Kota Malang; (2) ketercapaian target materi yang diberikan kepada peserta pendampingan; dan (3) ketercapaian luaran kegiatan pendampingan ini yakni RPP yang dibuat oleh guruReferences
Ghafur, A. 2007. Bahan Diklat Profesi Guru: Sertifikasi Guru Rayon II DIY-Jateng. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.Gunawan, I. 2011. Merekonstruksi Fitrah Pendidikan. Komunikasi, Majalah Kampus Universitas Negeri Malang Tahun 33 Nomor 276 September - Oktober 2011, hlm. 32.Gunawan, I. 2012. Mengembangkan Karakter Bangsa Berdasarkan Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Meretas Sekolah Humanis untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas dan Berkarakter, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, hlm. 67-79.Gunawan, I. 2015a. Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik Melalui Nilai-nilai dan Etika Kepemimpinan Pendidikan dengan Pendekatan Soft System Methodology. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Meningkatkan Layanan Guru dan Kepala Sekolah dalam Penumbuhan Budi Pekerti, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, hlm. 65-84.Gunawan, I. 2015b. Values and Ethics in Educational Leadership: An Idea of Character Building of StudentsConference. Proceedings Charac-ter Education in Indonesia Concepts and Applications in Primary Schools, IKIP PGRI MADIUN, 9 Juni, hlm. 1-13.Gunawan, I. 2016. Model of Educational Leadership in the Implementation of Curriculum 2013. Proceedings the 4th International Conference Language, Society, and Culture in Asian Contexts (LSCAC 2016) on Cultivating and Casting Asian Diversities: Empowering the Asians, 24-25 Mei, hlm. 1109-1118.Gunawan, I. 2017. Instructional Management in Indonesia: A Case Study. Journal of Arts, ScienceandCommerce, 8(1), 99-107.Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: SuatuPengantar Praktik. Bandung: Penerbit Alfabeta.Hamalik, O. 2004. Pengembangan Kurikulum: Dasar-dasar dan Pengembangannya. Bandung: Mandar Maju.Hidayat, A., dan Machali, I. 2013. PengelolaanPendidikan. Bandung: Pustaka Educa.Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Jakarta: Remaja Rosdakarya.Oliva, P. F. 2009. DevelopingtheCurriculum. Boston: Pearson Education, Inc.Prabowo, S. L., dan Nurmaliyah, F. 2010. Perencanaan Pembelajaran: Pada Bidang Studi, Bidang Studi Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling. Malang: UIN Maliki Press.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakukan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. 2014. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Saud, U. S. 2011. PengembanganProfesiGuru. Bandung: Alfabeta.Soetopo, H. 2003. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Dalam Imron, A., Maisyaroh, dan Burhanuddin, (Eds.), Manajemen Pendidikan Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Latar Institusi Pendidikan(hlm. 25-42). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.Winecoff, H. L. 2009. Curriculum Development and Instructional. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desi Eri Kusumaningrum, Imron Arifin, Imam Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.