Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Clinical Coaching bagi Guru Madrasah Inklusi

Authors

  • Desi Eri Kusumaningrum Universitas Negeri Malang
  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang
  • Imam Gunawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Kegiatan pendampingan, karya ilmiah, clinical coaching

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu agar para guru di MIT Ar Roihan Lawang dapat membuat artikel ilmiah dan mempublikasikannya. Khalayak sasaran kegiatan ini meliputi seluruh guru di MIT Ar Roihan Lawang yang berjumlah 100 orang. Kegiatan ini melibatkan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari 3 orang dosen dan beberapa mahasiswa sebagai narasumber dan pendamping. Metode pelaksanaan yaitu pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Kegiatan pendampingan klasikal penulisan karya ilmiah berjalan dengan sukses. Pemahaman tentang konsep karya ilmiah, penulisan karya ilmiah, serta penelusuran jurnal bereputasi internasional mengalami kenaikan signifikan. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil dalam mencapai tujuan. Hasil dari kegiatan pengabdian yang bisa diperoleh yaitu terjadi peningkatan pemahaman terkait konsep karya ilmiah, penulisan karya ilmiah, serta jurnal yang memuat karya ilmiah oleh guru.

References

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Kementerian Pendidikan Nasional Derektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta 2010.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 1), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 4), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 5), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Kemendiknas,

Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (Lembaran Negera RI Tahun 2008 Nomor 194).

Rugaiyah. (2012). Pengembangan Komptensi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Artikel dalam Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Sagala, S. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Skill and Education for Sustainable Developmen. Paris: Division for the Promotion of Quality Education Sector 7.

Sonhadji, A. (2013). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).

Surya, M. (2007). Mendidik Guru Berkualitas untuk Pendidikan Berkualitas. Makalah Disampaikan pada Orasi Ilmiah dalam Dies Natalis ke-45 Universitas PGRI Yogyakarta 12 Desember 2007.

Unesco. (2005). Contributing to More Sustainable Future: Quality Education, Life.

Downloads

Published

16-04-2020

How to Cite

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Clinical Coaching bagi Guru Madrasah Inklusi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 23–31. Retrieved from https://journal-fip.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/824

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)