PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p150-158Keywords:
pelatihan, karya ilmiah, pengembangan keprofesian berkelanjutanAbstract
: tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar pada akhir kegiatan para
guru dan kepala sekolah khusunya di gugus 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang dapat melakukan
kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan khususnya di bidang penulisan dan publikasi
karya ilmiah. Bentuk kegiatannya adalah pendidikan masyarakat, yang dilaksanakan melalui
teknik seminar dan lokakarya. Sedangkan metode pelatihan yang digunakan secara bervariasi,
antara lain melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming, metode tugas, latihan, sharing
experiences, dan pemantapan. Berdasarkan hasil evaluasi proses, dapat digarisbawahi bahwa
100% atau sebanyak 25 orang peserta pelatihan yang hadir terlihat aktif dan penuh perhatian
dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Dari hasil evaluasi output, dapat diketahui pemahaman
peserta tentang PKB dalam bentuk kegiatan penulisan karya ilmiah mengalami peningkatan.
Evaluasi output dilakukan melalui pengisian instrumen pemahaman penulisan karya ilmiah.
References
Beare, H. 2001. Creating the Future School.
London: Rouutlege Falmer.
Darling, L.H. 2006. Constructing 21st Century
Teacher Education. Journal of Teacher
Education, 57: 300-314.
Hargeaves, A. 1997. The Four Ages of
Professionalism and Professional Learning.
Unicorn, 23 (2): 86-114
Hargeaves, A. & Fullan, M. 2000. Mentoring in
the New Millenium. ProQuest Education
Journals, 39 (1): 50-56.
Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga
Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan
Supervsi. Pengajaran. Malang: Elang Mas.
Mulford, B. 2008. The Leadership Challenge:
Improving Learning in Schools. Australian
Education Review. Victoria: ACER Press.
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) (Buku 1), Pusat
Pengembangan Profesi Pendidik Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kemendiknas, Jakarta 2011.
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) (Buku 4), Pusat
Pengembangan Profesi Pendidik Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kemendiknas, Jakarta 2011.
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) (Buku 5), Pusat
Pengembangan Profesi Pendidik Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kemendiknas, Jakarta 2011.
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru
(PK Guru). Kementerian Pendidikan
Nasional Derektorat Jenderal Peningkatan
Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan,
Jakarta 2010.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008
tentang Guru (Lembaran Negera RI Tahun
Nomor 194).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35
Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya,
Kemendiknas, Jakarta 2010.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16
Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru
dan Angka Kreditnya, Pusat Pengembangan
Profesi Pendidik Badan Pengembangan
Sumber Daya Manusia Pendidikan dan
Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas,
Jakarta 2011.
Pudjawan, K. 2011. Grand Design Progrgram
Pendidikan Profesi Pendidik dan Tenaga
Kependidikan: Kebijakan Sertifikasi
Guru dalam Rangka Pengembangan
Profesionalisme Guru dan Peningkatan Mutu
Pendidikan. BandungA: Rizqi Press.
Rugaiyah. 2012. Pengembangan Komptensi
Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Mutu Pendidikan. Artikel dalam Prosiding
International Conference Educational
Management, Administration and Leadership.
Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan.
Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik dalam
Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:
Alfabeta
Saud, U. S. 2009. Pengembangan Profesi Guru.
Bandung: Alfabeta.
Soetopo, H. 2012. Tantangan dan Isu-Isu
Pendidikan Nasional Serta Solusinya. Artikel
dalam Prosiding International Conference
Educational Management, Administration
and Leadership. Malang: Jurusan
Administrasi Pendidikan.
Sonhadji, A. 2013. Manusia, Teknologi, dan
Pendidikan Menuju Peradaban Baru.
Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
(UM Press).
Surya, M. 2007. Mendidik Guru Berkualitas
untuk Pendidikan Berkualitas. Makalah
Disampaikan pada Orasi Ilmiah dalam Dies
Natalis ke-45 Universitas PGRI Yogyakarta
Desember 2007.
Tilaar. H.A.R. 2010. Paradigma Baru Pendidikan
Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Unesco. 2005. Contributing to More Sustainable
Future: Quality Education, Life Skill and
Education for Sustainable Developmen.
Paris: Division for the Promotion of Quality
Education Sector 7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raden Bambang Sumarsono, Desi Eri Kusumaningrum, Maisyaroh Maisyaroh, Djum Djum Noor Benty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.