PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang
  • Desi Eri Kusumaningrum Universitas Negeri Malang
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang
  • Djum Djum Noor Benty Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p150-158

Keywords:

pelatihan, karya ilmiah, pengembangan keprofesian berkelanjutan

Abstract

: tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar pada akhir kegiatan para
guru dan kepala sekolah khusunya di gugus 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang dapat melakukan
kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan khususnya di bidang penulisan dan publikasi
karya ilmiah. Bentuk kegiatannya adalah pendidikan masyarakat, yang dilaksanakan melalui
teknik seminar dan lokakarya. Sedangkan metode pelatihan yang digunakan secara bervariasi,
antara lain melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming, metode tugas, latihan, sharing
experiences, dan pemantapan. Berdasarkan hasil evaluasi proses, dapat digarisbawahi bahwa
100% atau sebanyak 25 orang peserta pelatihan yang hadir terlihat aktif dan penuh perhatian
dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Dari hasil evaluasi output, dapat diketahui pemahaman
peserta tentang PKB dalam bentuk kegiatan penulisan karya ilmiah mengalami peningkatan.
Evaluasi output dilakukan melalui pengisian instrumen pemahaman penulisan karya ilmiah.

References

Beare, H. 2001. Creating the Future School.

London: Rouutlege Falmer.

Darling, L.H. 2006. Constructing 21st Century

Teacher Education. Journal of Teacher

Education, 57: 300-314.

Hargeaves, A. 1997. The Four Ages of

Professionalism and Professional Learning.

Unicorn, 23 (2): 86-114

Hargeaves, A. & Fullan, M. 2000. Mentoring in

the New Millenium. ProQuest Education

Journals, 39 (1): 50-56.

Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga

Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan

Supervsi. Pengajaran. Malang: Elang Mas.

Mulford, B. 2008. The Leadership Challenge:

Improving Learning in Schools. Australian

Education Review. Victoria: ACER Press.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian

Berkelanjutan (PKB) (Buku 1), Pusat

Pengembangan Profesi Pendidik Badan

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian

Berkelanjutan (PKB) (Buku 4), Pusat

Pengembangan Profesi Pendidik Badan

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian

Berkelanjutan (PKB) (Buku 5), Pusat

Pengembangan Profesi Pendidik Badan

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru

(PK Guru). Kementerian Pendidikan

Nasional Derektorat Jenderal Peningkatan

Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan,

Jakarta 2010.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008

tentang Guru (Lembaran Negera RI Tahun

Nomor 194).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35

Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan

Fungsional Guru dan Angka Kreditnya,

Kemendiknas, Jakarta 2010.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur

Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16

Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru

dan Angka Kreditnya, Pusat Pengembangan

Profesi Pendidik Badan Pengembangan

Sumber Daya Manusia Pendidikan dan

Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas,

Jakarta 2011.

Pudjawan, K. 2011. Grand Design Progrgram

Pendidikan Profesi Pendidik dan Tenaga

Kependidikan: Kebijakan Sertifikasi

Guru dalam Rangka Pengembangan

Profesionalisme Guru dan Peningkatan Mutu

Pendidikan. BandungA: Rizqi Press.

Rugaiyah. 2012. Pengembangan Komptensi

Kepala Sekolah dalam Meningkatkan

Mutu Pendidikan. Artikel dalam Prosiding

International Conference Educational

Management, Administration and Leadership.

Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik dalam

Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:

Alfabeta

Saud, U. S. 2009. Pengembangan Profesi Guru.

Bandung: Alfabeta.

Soetopo, H. 2012. Tantangan dan Isu-Isu

Pendidikan Nasional Serta Solusinya. Artikel

dalam Prosiding International Conference

Educational Management, Administration

and Leadership. Malang: Jurusan

Administrasi Pendidikan.

Sonhadji, A. 2013. Manusia, Teknologi, dan

Pendidikan Menuju Peradaban Baru.

Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang

(UM Press).

Surya, M. 2007. Mendidik Guru Berkualitas

untuk Pendidikan Berkualitas. Makalah

Disampaikan pada Orasi Ilmiah dalam Dies

Natalis ke-45 Universitas PGRI Yogyakarta

Desember 2007.

Tilaar. H.A.R. 2010. Paradigma Baru Pendidikan

Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Unesco. 2005. Contributing to More Sustainable

Future: Quality Education, Life Skill and

Education for Sustainable Developmen.

Paris: Division for the Promotion of Quality

Education Sector 7

Downloads

Published

30-04-2018

How to Cite

Sumarsono, R. B., Kusumaningrum, D. E., Maisyaroh, M., & Noor Benty, D. D. (2018). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR . Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 150–158. https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p150-158

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)