PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI PARA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Imam Gunawan Universitas Negeri Malang
  • Teguh Triwiyanto Universitas Negeri Malang
  • Desi Eri Kusumaningrum Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p128-135

Keywords:

pendampingan, menulis artikel, guru

Abstract

Tujuan dari program pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman guru
SMP Negeri Kota Malang tentang jenis-jenis karya ilmiah, kaidah menulis karya ilmiah,
dan menulis artikel secara profesional. Luaran dari program pendampingan ini adalah artikel
ilmiah yang ditulis oleh guru SMP Negeri Kota Malang untuk diajukan ke jurnal nasional atau
prosiding seminar nasional. Metode kegiatan adalah dengan pendekatan secara klasikal dan
individual. Pendekatan klasikal digunakan pada kegiatan penyampaian materi secara teoritik
langkah-langkah menulis artikel ilmiah. Pendekatan individual digunakan pada saat peserta
pendampingan menulis artikel ilmiah yakni dengan metode workshop. Berdasarkan pelaksanaan
kegiatan pendampingan ini, disimpulkan: (1) kemauan peserta dalam menulis artikel atau karya
tulis ilmiah adalah cukup tinggi; (2) pemahaman peserta terhadap menulis artikel adalah kurang;
dan (3) pemahaman peserta terhadap jenis tulisan adalah kurang. Hasil focus group discussion
(FGD) menujukkan permasalahan yang dialami guru dalam menulis karya ilmiah. Permasalahan
yang dialami oleh guru dalam menulis karya ilmiah diklasifikasikan menjadi dua, yaitu masalah
eksternal dan masalah internal

References

Cheng, A. 2008. Analyzing Genre Exemplars in

Preparation for Writing: The Case of an L2

Graduate Student in the ESP Genre-Based

Instructional Framework of Academic

Literacy. Applied Linguistics, 29(1), 50-71.

Ecarnot, F., Seronde, M. F., Chopard, R., Schiele, F.,

dan Meneveau, N. 2015. Writing a Scientific

Article: A Step-by-Step Guide for Beginners.

European Geriatric Medicine, 27, 1-8. http://

dx.doi.org/10.1016/j.eurger.2015.08.005.

Djariyo, Sulianto, J., Mudzanatun, Reffiane,

F., dan Purnamasari, I. 2016. Pelatihan

Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan

Keterampilan Menulis bagi Guru Sekolah

Dasar di Kota Semarang, (Online),

(http://download.portalgaruda.org/article.

php?article=6992&val=531), diakses 2

Desember 2016.

Fannies, S. A. 2016. Analisis Kesulitan Menulis

Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX

SMPN 3 Singosari. Cendekia, 10(1), 19-28.

Fatah, A., Wakid, M., dan Yoga, N. A. 2015.

Pelatihan Penulisan Makalah Pendamping/

Prosiding dalam Rangka Menghadapi

Pelaksanaan Permenpan Nomor 16 Tahun

Laporan Pengabdian kepada Masyarakat

tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny.

ac.id/sites/default/files/pengabdian/nirmalaadhi-yoga-pambayun-mpd/pelatihanpenulisan-makalah-pendampingprosidin

dalam-rangka-menghadapi-pelaksanaanpermenpan-nomor-.pdf), diakses 12 Januari

Gilinsky, A., Forbes, S. L., dan Reed, M. M. 2016.

Writing Cases to Advance Wine Business

Research and Pedagogy. Wine Economics and

Policy, 5, 60-67. http://dx.doi.org/10.1016/j.

wep.2016.04.001.

Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif:

Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, I. 2015. Strategi Meningkatkan Kinerja

Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh

Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional

Pengembangan Karir Tenaga Pendidik

Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23

Agustus, hlm. 305-312.

Huang, J. C. 2017. What do Subject Experts

Teach about Writing Research Articles? An

Exploratory Study. Journal of English for

Academic Purposes, 25, 18-29. http://dx.doi.

org/10.1016/j.jeap.2016.10.004.

Isa, S. M., Soewito, B., dan Gunawan, F. E. 2016.

Pengaruh Perangkat Lunak Managemen

Referensi pada Peningkatkan Motivasi

Publikasi para Pendidik. Ethos Jurnal

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,

(2), 243-248.

Karimnia, A. 2013. Writing Research Articles in

ENGLISH: Insights from Iranian University

Teachers’ of TEFL. Akdeniz Language

Studies Conference 2012, (Online), Procedia

- Social and Behavioral Sciences, hlm. 901-

, (http://www.sciencedirect.com), diakses

Januari 2017.

Kemdikbud. 2017. Daftar Satuan Pendidikan

(Sekolah) Per Kec. Lowokwaru, (Online),

(http://referensi.data.kemdikbud.go.id/

index11.php?kode=0561 05&level=3),

diakses 11 Januari 2017.

Komara, A. 2017. Menulis Artikel dan Karya

Ilmiah, (Online), (http://www.lpmpjateng.

go.id/web/index.php/arsip/artikel/174-

menulis-artikel-dan-karya-ilmiah), diakses

Januari 2017.

Kompas. 2010. Lemah, Kemampuan Guru Menulis

Karya Ilmiah, (Online), (http://nasional.

kompas.com/read/2010/03/19/04191796/

Lemah.Kemampuan.Guru.Menulis.Karya.

Ilmiah.), diakses 21 Juni 2017.

Larasati, R. T. 2014. Faktor-faktor Penghambat

Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta.

Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta.

Ortinau, D. J. 2011. Writing and Publishing

Important Scientific Articles: A Reviewer’s

Perspective. Journal ofBusinessResearch, 64,

-156. doi:10.1016/j.jbusres.2010.02.002.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan

Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2010.

Jakarta: Fokus Media.

Sampurno, Y. G., dan Siswanto, I. S. 2010.

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi

Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan

Moyudan Sleman. Laporan Pengabdian

kepada Masyarakat tidak diterbitkan.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

(Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/

files/pengabdian/ibnu-siswanto-mpd/

pelatihan-penulisan-karya-tulis-ilmiah-bagiguru-guru-sekolah-dasar-di-kecamatanmoyudan-sleman.pdf), diakses 12 Januari

Tarigan, H. G. 2008. Menulis: Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Suandi, I. N. 2008. Gerakan Menulis Karya Ilmiah

(Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme

Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

UNDIKSHA, 41(1), 510-531.

Supanti, S. 2017. Solusi Praktis Guru Menulis, (Online), (https://radarsemarang.

com/2017/05/21/solusi-praktis-guru-menulis/), diakses 20 Juni 2017.

Supriyanto, A. 2015. Harapan, Kenyataan dan

Strategi Peningkatan Kemampuan Guru

dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah,

(Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/

uploads/2015/04/13_A-Supriyanto-AP.pdf),

diakses 2 Mei 2017.

Wibowo, C. H. 2015. Problematika Profesi Guru

dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas

Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi

Kabupaten Wonogiri. Tesis tidak diterbitkan.

Surakarta: Pascasarjana Institut Agama Islam

Negeri Surakarta.

Yeganeh, M. T., dan Boghayeri, M. 2015. The

Frequency and Function of Reporting Verbs in

Research Articles Written by Native Persian

and English Speakers. 2nd Global Conference

on Linguistics and Foreign Language

Teaching, LINELT-2014, Dubai-United

Arab Emirates, December 11-13, (Online),

Procedia - Social and Behavioral Sciences,

hlm. 582-586, (http://www.sciencedirect.com),

diakses 13 Desember 2016

Downloads

Published

30-04-2018

How to Cite

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI PARA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p128-135

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)