PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI PARA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p128-135Keywords:
pendampingan, menulis artikel, guruAbstract
Tujuan dari program pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman guru
SMP Negeri Kota Malang tentang jenis-jenis karya ilmiah, kaidah menulis karya ilmiah,
dan menulis artikel secara profesional. Luaran dari program pendampingan ini adalah artikel
ilmiah yang ditulis oleh guru SMP Negeri Kota Malang untuk diajukan ke jurnal nasional atau
prosiding seminar nasional. Metode kegiatan adalah dengan pendekatan secara klasikal dan
individual. Pendekatan klasikal digunakan pada kegiatan penyampaian materi secara teoritik
langkah-langkah menulis artikel ilmiah. Pendekatan individual digunakan pada saat peserta
pendampingan menulis artikel ilmiah yakni dengan metode workshop. Berdasarkan pelaksanaan
kegiatan pendampingan ini, disimpulkan: (1) kemauan peserta dalam menulis artikel atau karya
tulis ilmiah adalah cukup tinggi; (2) pemahaman peserta terhadap menulis artikel adalah kurang;
dan (3) pemahaman peserta terhadap jenis tulisan adalah kurang. Hasil focus group discussion
(FGD) menujukkan permasalahan yang dialami guru dalam menulis karya ilmiah. Permasalahan
yang dialami oleh guru dalam menulis karya ilmiah diklasifikasikan menjadi dua, yaitu masalah
eksternal dan masalah internal
References
Cheng, A. 2008. Analyzing Genre Exemplars in
Preparation for Writing: The Case of an L2
Graduate Student in the ESP Genre-Based
Instructional Framework of Academic
Literacy. Applied Linguistics, 29(1), 50-71.
Ecarnot, F., Seronde, M. F., Chopard, R., Schiele, F.,
dan Meneveau, N. 2015. Writing a Scientific
Article: A Step-by-Step Guide for Beginners.
European Geriatric Medicine, 27, 1-8. http://
dx.doi.org/10.1016/j.eurger.2015.08.005.
Djariyo, Sulianto, J., Mudzanatun, Reffiane,
F., dan Purnamasari, I. 2016. Pelatihan
Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan
Keterampilan Menulis bagi Guru Sekolah
Dasar di Kota Semarang, (Online),
(http://download.portalgaruda.org/article.
php?article=6992&val=531), diakses 2
Desember 2016.
Fannies, S. A. 2016. Analisis Kesulitan Menulis
Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX
SMPN 3 Singosari. Cendekia, 10(1), 19-28.
Fatah, A., Wakid, M., dan Yoga, N. A. 2015.
Pelatihan Penulisan Makalah Pendamping/
Prosiding dalam Rangka Menghadapi
Pelaksanaan Permenpan Nomor 16 Tahun
Laporan Pengabdian kepada Masyarakat
tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny.
ac.id/sites/default/files/pengabdian/nirmalaadhi-yoga-pambayun-mpd/pelatihanpenulisan-makalah-pendampingprosidin
dalam-rangka-menghadapi-pelaksanaanpermenpan-nomor-.pdf), diakses 12 Januari
Gilinsky, A., Forbes, S. L., dan Reed, M. M. 2016.
Writing Cases to Advance Wine Business
Research and Pedagogy. Wine Economics and
Policy, 5, 60-67. http://dx.doi.org/10.1016/j.
wep.2016.04.001.
Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif:
Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gunawan, I. 2015. Strategi Meningkatkan Kinerja
Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh
Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional
Pengembangan Karir Tenaga Pendidik
Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23
Agustus, hlm. 305-312.
Huang, J. C. 2017. What do Subject Experts
Teach about Writing Research Articles? An
Exploratory Study. Journal of English for
Academic Purposes, 25, 18-29. http://dx.doi.
org/10.1016/j.jeap.2016.10.004.
Isa, S. M., Soewito, B., dan Gunawan, F. E. 2016.
Pengaruh Perangkat Lunak Managemen
Referensi pada Peningkatkan Motivasi
Publikasi para Pendidik. Ethos Jurnal
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,
(2), 243-248.
Karimnia, A. 2013. Writing Research Articles in
ENGLISH: Insights from Iranian University
Teachers’ of TEFL. Akdeniz Language
Studies Conference 2012, (Online), Procedia
- Social and Behavioral Sciences, hlm. 901-
, (http://www.sciencedirect.com), diakses
Januari 2017.
Kemdikbud. 2017. Daftar Satuan Pendidikan
(Sekolah) Per Kec. Lowokwaru, (Online),
(http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
index11.php?kode=0561 05&level=3),
diakses 11 Januari 2017.
Komara, A. 2017. Menulis Artikel dan Karya
Ilmiah, (Online), (http://www.lpmpjateng.
go.id/web/index.php/arsip/artikel/174-
menulis-artikel-dan-karya-ilmiah), diakses
Januari 2017.
Kompas. 2010. Lemah, Kemampuan Guru Menulis
Karya Ilmiah, (Online), (http://nasional.
kompas.com/read/2010/03/19/04191796/
Lemah.Kemampuan.Guru.Menulis.Karya.
Ilmiah.), diakses 21 Juni 2017.
Larasati, R. T. 2014. Faktor-faktor Penghambat
Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta.
Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta.
Ortinau, D. J. 2011. Writing and Publishing
Important Scientific Articles: A Reviewer’s
Perspective. Journal ofBusinessResearch, 64,
-156. doi:10.1016/j.jbusres.2010.02.002.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2010.
Jakarta: Fokus Media.
Sampurno, Y. G., dan Siswanto, I. S. 2010.
Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi
Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan
Moyudan Sleman. Laporan Pengabdian
kepada Masyarakat tidak diterbitkan.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
(Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/
files/pengabdian/ibnu-siswanto-mpd/
pelatihan-penulisan-karya-tulis-ilmiah-bagiguru-guru-sekolah-dasar-di-kecamatanmoyudan-sleman.pdf), diakses 12 Januari
Tarigan, H. G. 2008. Menulis: Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Suandi, I. N. 2008. Gerakan Menulis Karya Ilmiah
(Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme
Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
UNDIKSHA, 41(1), 510-531.
Supanti, S. 2017. Solusi Praktis Guru Menulis, (Online), (https://radarsemarang.
com/2017/05/21/solusi-praktis-guru-menulis/), diakses 20 Juni 2017.
Supriyanto, A. 2015. Harapan, Kenyataan dan
Strategi Peningkatan Kemampuan Guru
dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah,
(Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/
uploads/2015/04/13_A-Supriyanto-AP.pdf),
diakses 2 Mei 2017.
Wibowo, C. H. 2015. Problematika Profesi Guru
dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas
Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi
Kabupaten Wonogiri. Tesis tidak diterbitkan.
Surakarta: Pascasarjana Institut Agama Islam
Negeri Surakarta.
Yeganeh, M. T., dan Boghayeri, M. 2015. The
Frequency and Function of Reporting Verbs in
Research Articles Written by Native Persian
and English Speakers. 2nd Global Conference
on Linguistics and Foreign Language
Teaching, LINELT-2014, Dubai-United
Arab Emirates, December 11-13, (Online),
Procedia - Social and Behavioral Sciences,
hlm. 582-586, (http://www.sciencedirect.com),
diakses 13 Desember 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imam Gunawan, Teguh Triwiyanto, Desi Eri Kusumaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.