Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Paint Berbasis IT dalam Pembelajaran

Authors

  • Nurlaela Nurlaela Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.17977/um027v8i12023p1-7

Keywords:

Aplikasi, Paint, Creativity IT, Kreativitas, Paint Application

Abstract

Abstract: Creativity is the ability to create new ideas or things. Creativity development can be done by means of IT learning. IT is a medium that can be used as a tool for teachers to convey learning information. IT-based learning can also be done by early childhood, for example learning IT through paint applications. The paint application is an IT-based learning application because in the paint application there is learning such as making geometric shapes, coloring images, and connecting lines. The method used in this study uses a descriptive qualitative approach type method.Miles and Huberman. In this observation the researcher collected data through observations, interviews, and documentation, and these observations were in order to find accurate information about the implementation or application of IT-based learning through the Paint application for early childhood.. These observations yield that IT-based learning must be carried out from an early age. IT-based learning carried out in RA uses paint applications because it can develop early childhood creativity because it includes learning to make geometric shapes, color images, and connect lines according to children's wishes.

Abstrak: Kreativitas merupakan kemampuan yang mampu meciptakan ide-ide atau hal-hal yang baru. Pengembangan kreativitas dapat dilakukan dengan cara pembelajaran IT. IT merupakan salah satumedia yang dapat digunakan sebagai alat untuk guru menyampaikan informasi pembelajaran. Pembelajaran berbasis IT juga bisa dilakukan oleh anak usia dini contohnya belajar IT melalui aplikasipaint. Aplikasi paint merupakan aplikasi yang pembelajaran berbasis IT karena di dalam aplikasi paint tersebut terdapat pembelajaran seperti membuat bentuk geometri, mewarnai gamabar, dan memghubungkan garis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode jenispendekatan kualitatif deskriptif model Miles and Huberman . Dalam pengamatan ini penelitimengumpulkan data melalui observasi, wawancara,, dan dokumentasi, dan pengamatan tersebut gunauntuk mencari informasi yang akurat tentang pelaksanaan atau penerapan pembelajaran berbasis IT melalui Aplikasi Paint untuk anak usia dini. Pengamatan tersebut menghasilkan bahwa pembelajaran berbasis IT harus dilakukan sejak dini. Pembelajaran berbasis IT yang dilakukan di RA tersebut menggunakan aplikasi paint karena dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini karena di dalamnya terdapat pembelajaran membuat bentuk geometri, mewarnai gambar, dan menghubungkan garis sesuai keinginan anak-anak.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Nurlaela, N., & Munastiwi, E. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Paint Berbasis IT dalam Pembelajaran. Ilmu Pendidikan : Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um027v8i12023p1-7

Issue

Section

Articles