Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berbasis Teknologi Informasi untuk Pengolahan Data Akademik di SMP An-Nahdloh Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.17977/um027v9i12024p8-18Keywords:
Akademik, Sistem informasi manajemen, SMP An-Nahdloh, TeknologiAbstract
Abstract: This research aims to identify optimal strategies for implementing an academic management information system (MIS) based on information technology to enhance more effective planning and execution, with the goal of improving the quality of academic data management at SMP An-Nahdloh, and providing relevant information to students and their parents. This study utilizes a qualitative approach with data collection techniques including field observations, interviews, and documentation analysis. Data analysis is conducted using the simultaneous 6P framework developed by Winarno and Robfi'ah. The results of the MIS academic implementation trial indicate an effectiveness rate of 91.8%. This percentage signifies that the adoption of an information technology-based academic MIS is a highly suitable solution for enhancing academic data management at SMP An-Nahdloh.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi optimal dalam menerapkan sistem informasi manajemen (SIM) akademik berbasis teknologi informasi untuk perencanaan dan pelaksanaan yang lebih efektif, dengan tujuan meningkatkan kualitas pengelolaan data akademik di SMP An-Nahdloh, serta memberikan informasi yang relevan kepada siswa dan orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan analisis dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tahapan simultan 6P Winarno dan Robfi'ah. Hasil dari ujicoba implementasi SIM akademik menunjukkan tingkat efektivitas sebesar 91,8%. Persentase ini mengindikasikan bahwa penerapan SIM akademik berbasis teknologi informasi adalah solusi yang sangat sesuai untuk diadopsi oleh SMP An-Nahdloh dalam meningkatkan manajemen data akademik mereka.
References
Ashari, A., & Setiawan, H. (2011). Cloud computing: Solusi ICT? Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(2), 336–345.
Buehl, D. (2001). Classroom strategies for interactive learning (2nd ed.). International Reading Association.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Fatmawati. (2018). Pemanfaatan media teknologi informasi sebagai akses meningkatkan mutu pendidikan dalam persaingan dunia pendidikan di era global. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1806/1648
Gregory, G. H., & Chapman, C. M. (2013). Differentiated instructional strategies (3rd ed.). Corwin Press.
Gufroni, A. I. (2011). Information systems strategic planning at the Siliwangi University Tasikmalaya. International Journal of Advanced Engineering Sciences and Technologies (IJAEST), 6(1), 53–59. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.9745487
Hakim, Z., & Meilina, P. (2022). Sistem informasi akademik berbasis website (Studi kasus: SMPIT Avicenna). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 12(3), 32–37.
Hidayah, D. E. N., Irawan, B., & Paselle, E. (2019). Efektivitas sistem informasi akademik dalam peningkatan pelayanan akademik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 58–65.
Lestari, P. (2017). Implementasi sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SMK Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 61–68.
Nurhayati, S. (2009). Analisis strategis sistem teknologi informasi dengan pendekatan analisis SWOT. Prosiding Seminar Nasional Informatika.
Piza-Dávila, H. I. (2017). An educational software for teaching database normalization. Computer Applications in Engineering Education, 25(5), 812–822. https://doi.org/10.1002/cae.2183
Purnama, A. M. I., & Mashudan, G. (2020). Analisis dan perancangan sistem informasi akademik di Madrasah Aliyah Persis 20 Ciparay. Jurnal Sistem Informasi – J-SIKA, 2(1), 28–33.
Sihabudin, B., Setiawan, F., & Fajri, H. (2017). Sistem informasi manajemen sekolah berbasis web pada Yayasan Ibnu Sina Bogor. JIP: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(7), 1883–1891.
Winarno, A., & Robfi’ah, S. (2020). Why do vocational high school girls drop out? Unraveling the correlation between business development in rural areas and adolescents’ school interest in the Blitar Regency, East Java. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v4i10.7398
Wintolo, H., & Purnamasari, D. (2016). Membangun cloud computing memanfaatkan Google Drive untuk meningkatkan layanan akademik. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 2, 175–180. https://doi.org/10.28989/senatik.v2i0.15