Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Mengelola Keuangan Berbasis Teknologi Informasi
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v4i22021p105-112Keywords:
Pelatihan, manajemen keuangan sekolah, TIKAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sekolah dalam mengelola keuangan berbasis teknologi informasi. Lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat berada di Sekolah Dasar (SD) Laboratorium Universitas Negeri Malang di Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini antara lain: pemaparan materi, diskusi, demonstrasi, dan penugasan. Metode-metode tersebut terintegrasi ke dalam strategi pelatihan. Hasil pengabdian masyarakat ini yakni (1) kapasitas kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sekolah dalam mengelola keuangan berbasis teknologi informasi meningkat secara signifikan setelah mengikuti pelatihan, dan (2) berdasarkan kriteria keefektifan produk yakni kelengkapan, kemudahan, kemenarikan dan kemanfaatan, produk dinyatakan sangat efektif.
References
Afriansyah, H., & Riswanda. (2019). Pentingnya Administrasi Keuangan dalam Sekolah. Universitas Negeri Padang.
Arifin, I., Juharyanto, J., Sultoni, S., Saputra, B. R., & Adha, M. A. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal KARINOV, 3(1), 16. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p16-21
Dewi, R. M., & Aminah, A. (2018). Pelatihan Manajemen dan Administrasi Keuangan Sekolah Di Tk ‘Aisyiyah Tangerang Selatan. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 177–179. https://jurnal.stan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/368
Ghavifekr, S., Razak, A., Ghani, M., Ran, N., Meixi, Y., & Tengyue, Z. (2014). ICT Integration in Education: Incorporation for Teaching & Learning Improvement. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 2(2), 24–45.
Ghaznavi, M. R., Keikha, A., & Yaghoubi, N.-M. (2011). The Impact of Information and Communication Technology (ICT) on Educational Improvement. International Education Studies, 4(2), 116–125. https://doi.org/10.5539/ies.v4n2p116
Hatta, E., Ananto, R. P., Yentifa, A., Maryati, U., & Rissi, D. M. (2018). Pelatihan dan Pembenahan Manajemen Keuangan dan Administrasi pada Yayasan PAUD dan TK Musa Enda Padang. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 13(2), 17–24.
Marshall, S., & Taylor, W. (2015). ICT in Education: Innovation, Implementation, Perceptions and Experiences. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 11(1), 2.
Mustiningsih. (2015). Masalah Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(6), 498–505.
Norton, M. S., & Kelly, L. K. (2014). Resource Allocation. Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781315853185
Opletalová, A. (2015). Financial Education and Financial Literacy in the Czech Education System. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171(1), 1176–1184. https://doi.org/10.1016/-j.sbspro.2015.01.229
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
Rostini, D., & Dianah, L. (2017). Implikasi Kinerja Kepala Sekolah Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di Tingkat Kabupaten. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(1), 1–14. https://jurnal.stan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/368
Sumarsono, R. B., Kusumaningrum, D. E., Maisyaroh, & Benty, D. D. N. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dalam Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Sekolah Dasar. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 150–158.
Surya, E. S. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus SMK Marsudi Luhur I Yogyakarta. Jurnal Buana Informatika, 6(1). https://doi.org/10.24002/jbi.v6i1.400
Voogt, J., Laferrière, T., Breuleux, A., Itow, R. C., Hickey, D. T., & McKenney, S. (2015). Collaborative Design as a Form of Professional Development. Instructional Science, 43(2), 259–282. https://doi.org/10.1007/s11251-014-9340-7
Wiyono, B. B. (2017). Pembinaan Profesional Guru: Konsep, Hasil Penelitian, dan Pengembangan. UM Press.
Wollman, P., Khun, F., & Kempf, M. (2020). Three Pillars of Organization and Leadership in Disruptive Times. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-23227-6
Wulansari, N., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. (2013). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah di SMK PGRI 1 Pacitan. IJNS Indonesian Journal on Networking and Security, 1(3), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raden Bambang Sumarsono, Maisyaroh Maisyaroh, Sri Untari, Tutut Chusniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.