IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH

Authors

  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang
  • Djum Djum Noor Benty Universitas Negeri Malang
  • Bambang Budi Wiyono Universitas Negeri Malang
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang
  • Achmad Supriyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p70-76

Keywords:

manajemen berbasis sekolah, mutu sekolah

Abstract

Tujuan kegiatan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks) ini adalah agar pada akhir kegiatan, para Kepala Sekolah Dasar di Kota Blitar mampu mewujudkan pendidikan bermutu melalui penerapan atau implementasi MBS di SD. Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Kepala Sekolah Dasar dan Pengawas TK/SD. Bentuk kegiatannya adalah pendidikan masyarakat, yang dilaksanakan melalui teknik seminar dan lokakarya. Metode pelatihan yang digunakan secara bervariasi, antara lain melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming, metode tugas, latihan, sharing experiences, dan pemantapan. Berdasarkan hasil evaluasi, secara garis besar kegiatan peningkatan kapasitas kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan bermutu melalui penerapan atau implementasi manajemen berbasis sekolah di SD dapat terlaksana dengan baik. Jumlah peserta yang hadir 34 orang Kepala Sekolah, dari jumlah peserta yang hadri lebih dari 90% Kepala Sekolah sangat aktif dalam mengikuti kegiatan seminar dan lokakarya ini. Seluruh peserta yang hadir (100%) mengikuti kegiatan secara tuntas dari awal sampai akhir. Ditinjau dari hasilnya, lebih dari 90% Kepala Sekolah dan Pengawas memahami tentang materi yang disampaikan oleh narasumber.

References

Hoy, W. K., & Miskel, C. G. 2005. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Rinehart, G. 1993. Quality Education: Applying the Philosophy of Dr. W. Edwards Deming to Transform the Educational System. Milwaukee, WI: ASQC Quality Press.

Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sallis, E. 1993. Total Quality Management In Education. London: Kogan Page Ltd.

Tenner, A. R., dan DeToro, I. J. 1992. Total Quality Management: Three Stepps to Continuous Improvement. Reading, MA: Addison-Wesley Publishing Company.

Tilaar, H. A. R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera.

Timan, A. 2015. Manajemen Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Disertasi tidak dipublikiasikan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Tjaya, T. H. 2004. Mencari Orientasi Pendidikan Sebuah Perspektif Historis, (Online), (http://www.rajaraja.com/news), diakses 2 Agustus 2013.

Tjiptono, F., dan Diana, A. 1996. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Bandung: Citra Umbara.

Downloads

Published

28-11-2017

How to Cite

Sumarsono, R. B., Noor Benty, D. D., Wiyono, B. B., Maisyaroh, M., & Supriyanto, A. (2017). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p70-76

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)