Pelatihan Keterampilan Menganyam untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Senirupa bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i32019p122-134Keywords:
keterampilan membuat anyaman, kertas asturo, guru SDAbstract
Pelatihan seni budaya dan prakarya ini bertujuan melatih keterampilan: (1) membuat anyaman dari kertas asturo untuk meningkatkan kualitas pembelajaran senirupa di SD. Metode pelatihan dengan memberikan bimbingan praktek individu keterampilan menganyam secara langsung kepada 24 guru SD. Hasil (1) non-fisik bagi guru-guru SD di kecamatan Ngantang sangat berminat mendapat pelatihan senirupa-prakarya, dan bersedia untuk menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan kepada guru lain di tempat tugasnya. (2) peserta pelatihan secara individu terampil membuat (a) anyaman bentuk ikan, burung terbang, bintang, keranjang (besek), dan anyaman pita bentuk pigura.
References
Hidayah, Nur. (1988). Perilaku Bermasalah Anak Usia SD, Jurnal Sekolah Dasar. Malang: PGSD FIP UM.
Jazuli, M. (2008). Paradikma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa Press.
Munandar, SC. Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pamadhi, Hajar, dkk. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Penerbit UT.
Sumanto. (2014). Pendidikan Senirupa di SD. Malang: Percetakan Rosindo.
Sumanto. (2006). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Seni Rupa SD/MI. Jurnal Sekolah Dasar Th.15 No.2 . Malang: PGSD FIP UM.
Sumanto. (2017). Ragam Teknik dan Bahan Kerajinan Tangan sebagai Sumber Belajar Seni Budaya dan Prakarya Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar tahun 26. Nomor 1, Mei 2017, hal.37. Malang: Jurusam KSDP FIP UM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Badawi, Sumanto Sumanto, Murtiningsih Murtiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.