PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rumidjan Rumidjan Universitas Negeri Malang
  • Sumanto Sumanto Universitas Negeri Malang
  • Sri Sugiharti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p77-81

Keywords:

media pembelajaran, kualitas pembelajaran

Abstract

Guru SD sebagai tenaga pendidik profesional yang berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran dituntut kreativitasnya untuk menggali potensi sumber dan media pembelajaran yang ada di lingkungannya agar dapat membelajarkan muridnya secara berkualitas. Agar dapat jadi fasilitator yang baik guru SD diharapkan dapat membekali diri dengan wawasan dan keterampilan pengembangan desain dan pembuatan media pembelajaran sehingga guru dapat menjalankan perannya dengan baik. Kenyataannya menunjukkan bahwa para guru SD di kecamatan Lowokwaru kota Malang pada umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kwalitas dan efektivitas pembelajaran di SD masing-masing. Keadaan ini disebabkan kurangnya sarana dan prasarana yang dapar menunjang keaktifan dan kesenangan murid dalam belajar juga karena para guru belum memiliki wawasan dan keterampilan yang memadai untuk membuat media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Oleh karena itu Satgas memberi Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran kepada Guru-guru SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas proses pembelajaran di SD pada akhirnya akan menunjang tercapainya tujuan pendidikan di daerah sasaran.

References

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.Criticos, C. 1996. Media Selection. Dalam Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.)., InternationalEncyclopediaofEducationalTechnology. New York: Elsevier Science, Inc.Dole, J. A., & Sinatra, G. M. 1998. Reconceptualizing Change in the Cognitive Construction of Knowledge. EducationalPsichologist, 33(3), 109-128.

Gunawan, I. 2014. Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 41(1), 44-52.Gunawan, I. 2016. Pasaran: Menggali Nilai-nilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 8(1), 55-64.Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2007. Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ManajemenPendidikan, 20(1), 21-31.Heinich, R. 1993. Instructional Media and the New Technologies of Instruction. New York: McMillan Publishing Company.Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002. Instructional Media and Technology for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Inc.Ibrahim. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.Kustiawan, U. 2012. Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Universitas Negeri Malang.Morrison, G. S. 1988. Education and Development of Infanis, Toddlens, and Pre-schoolers. London: Scott, Foresman Company.

Downloads

Published

28-11-2017

How to Cite

Rumidjan, R., Sumanto, S., & Sugiharti, S. (2017). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 77–81. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p77-81

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.