Pelatihan Keterampilan Model Anyaman Dari Kertas Asturo Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v3i12020p15-22Keywords:
Keterampilan, model anyaman, kertas, guru SDAbstract
Pelatihan pembuatan model karya anyaman sebagai media pembelajaran seni budaya dan prakarya ini bertujuan melatih keterampilan: membuat model-model anyaman dari kertas asturo untuk meningkatkan kualitas pembelajaran senirupa di SD. Metode pelatihan dengan memberikan bimbingan praktek individu keterampilan menganyam secara langsung kepada 20 guru SD. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) non-fisik bagi guru-guru SD di gugus 3 Donowarih Karangploso sangat berminat mendapat pelatihan senirupa-prakarya, dan bersedia untuk menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan kepada guru lain di tempat tugasnya. (2) peserta pelatihan secara individu terampil membuat anyaman bentuk ikan, burung terbang, bintang, keranjang (besek), dan anyaman pita bentuk pigura.
References
Karamil, C. (1999). Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan. Jakarta : Universitas Terbuka
Pamadhi, H., Sukardi, E., & Muis, A. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Penerbit UT.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Dirjen Dikti.
Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikti, Direktorat Ketenagaan.
Sumanto. (2006). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Seni Rupa SD/MI. Jurnal Sekolah Dasar, 15(2).
Sumanto. (2011). Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Malang: FIP UM.
Sumaryadi, Ramanto, M., & Zahri, W. (1992). Pendidikan Keterampilan . Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sumanto Sumanto, A. Taufiq, Murtiningsih Murtiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.