Pelatihan Seni Budaya dan Prakarya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Senirupa bagi Guru SD di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Authors

  • Sumanto Sumanto Universitas Negeri Malang
  • Sukamti Sukamti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p102-117

Keywords:

keterampilan membuat anyaman, cetak tinggi, seni rupa

Abstract

Pelatihan seni budaya dan prakarya bagi guru SD ini bertujuan melatih keterampilan: (1) membuat anyaman dari kertas asturo, (2) teknik mencetak tinggi bahan sterefoam, kardus, dan limbah kemasan alat tulis (untuk meningkatkan kualitas pembelajaran senirupa di SD. Metode pelatihan dengan memberikan bimbingan praktek individu keterampilan menganyam dan mencetak tinggi secara langsung kepada 26 guru SD. Hasil (1) non-fisik bagi guru-guru SD di kecamatan Ponorogo sangat berminat mendapat pelatihan senirupa-prakarya, dan bersedia untuk menyebarluaskan  pengetahuan dan keterampilan kepada guru lain di tempat tugasnya. (2) peserta pelatihan secara individu terampil membuat (a) anyaman bentuk pesawat, ikan, burung terbang, bintang, kotak, dan anyaman pita bentuk pigura, (2) karya Cetak Tinggi di atas kertas HVS dari acuan Sterefoam, Kardus, dan bahan limbah kemasan alat tulis.

References

Hidayah, Nur. (1988). Perilaku Bermasalah Anak Usia SD. Jurnal Sekolah Dasar

Jazuli, M. (2008). Paradikma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa Press.

Munandar, SC. Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pamadhi, Hajar, dkk. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Penerbit UT.

Saidi, Asep Iwan. (2007). Narasi Simbolik Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Yogyakarta: ISACBOOK.

Sumanto. (2014). Pendidikan Senirupa di SD. Malang: Percetakan Rosindo.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikti, Direktorat Ketenagaan.

Sumanto. (2006). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Seni Rupa SD/MI. Jurnal Sekolah Dasa. 15(2) . Malang: PGSD FIP UM.

Sumanto. (2011). Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Malang: FIP UM.

Sumaryadi, dkk. (1992). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Downloads

Published

29-10-2020

How to Cite

Sumanto, S., & Sukamti, S. (2020). Pelatihan Seni Budaya dan Prakarya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Senirupa bagi Guru SD di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 102–117. https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p102-117

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)