Keterbacaan Buku Siswa Kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya Berdasarkan Teknik Cloze
DOI:
https://doi.org/10.17977/um027v8i12023p8-15Keywords:
Buku teks, Keterbacaan, Teknik clozeAbstract
Salah satu kriteria buku teks yang baik adalah mempertimbangkan aspek keterbacaannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku Tema 6 Energi dan Perubahannya serta tingkat pemahaman peserta didik kelas III SDN Pulorejo 1 Ngoro Jombang. Alat ukur dan analisis yang digunakan adalah teknik cloze. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan buku Tema 6 Energi dan Perubahannya masuk dalam kategori instruksional atau sedang dengan persentase sebesar 49.12%. Peserta didik dengan tingkat pemahaman instruksional jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan peserta didik yang masuk dalam kategori indpenden dan frustasi. Artinya, peserta didik dapat memahami teks bacaan tetapi masih memerlukan arahan dari guru.
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi: Sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.
Amalia, R. N. (2018). Keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 untuk kelas X Sekolah Menengah Kejuruan melalui Cloze test (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Andriana, W. (2012). Analisis keterbacaan teks buku pelajaran kelas III SD: Studi kasus untuk teks Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS (Skripsi). Universitas Indonesia, Depok.
Christiani, L., Syukron, A., & Subekti, R. (2017). Pengukuran taraf sukar bacaan dengan Lexile Framework dan Gunning Fox Index. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, 6(22).
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Harjasujana, A. S. (1996). Membaca 2. Jakarta: Depdikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Muslich, M. (2018). Textbook writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prihatinah, E. (2012). Keterbacaan wacana dalam buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa Anyar kelas VIII untuk pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Menengah Pertama (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Sitepu, B. P. (2012). Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syukron, A., Subekti, R., & Christiani, L. (2012). Keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas 4 terbitan Erlangga berdasarkan teknik Cloze. Artikel hasil penelitian mahasiswa.
Zahro, N. H. (2015). Analisis tingkat keterbacaan dalam buku teks pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 tingkat SD/MI kelas 2. NOSI, 3(2), 176-185.